Contoh LPJ IPM

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban


Kalo sebelumnya kita dagh membahas tentang cara membuat rancangan sebuah tata tertib, kali ini saya mencoba untuk membuat laporan dalam bentuk bundle biasanya dalam organisasi disebut Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ). Kalo memangnya ga' sama bisa dirubah - rubah untuk disesuaikan dengan keperluannya

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN MUSYCAB V
Periode 2008-2009
PIMPINAN CABANG
IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH
KOTAMATSUM

A. PENDAHULUAN
Syukur Alhamdullilah marilah sama-sama kita Ucapkan puji syukur kepada Allah SWT, dengan rahmat, nikmat dan karunia-Nya kita dapat melangsungkan gerak langkah dalam rangka memebentuk remaja muslim berakhlak mulia juga menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam sehingga terwujudnya masyarakat utama adil dan makmur yang di ridhoi oleh Allah SWT. Amiin.
Ungkapan syukur juga kami ucapkan atas berlangsungnya masa pengabdian PC IRM Kotamatsum periode 2008-2009 sebagai pemegang amanah perjuangan. Meski cobaan dan ujian tidak lepas diberikan dalam bentuk hambatan dan rintangan yang memperlihatkan kelemahan kami, namun dibalik itu semua kami ditunjukkan jalan sebagai upaya keseriusan dalam menjalankan amanah sehingga kami senantiasa mampu untuk menjalankan amanah ini tersebut.
Laporan ini kami susun berdasarkan tanggung jawab kami sebagai pemegang amanah ikatan. Walaupun kami menyadari sepenuhnya bahwa amanah ikatan merupakan tanggung jawab yang berat dan berbagai dinamika juga persoalan yang terjadi selama menjalankan amanah tentunya sedikit banyak sangat mempengaruhi dalam menjalankan roda organisasi selama ini, laporan ini dimaksudkan sebagai barometer keseriusan kami dalam menjalankan amanah kepemimpinan tersebut.
Perjalanan IPM Kotamatsum yang banyak mengalami dinamika yang cukup tinggi diantaranya banyak kader yang tidak aktif dalam menjalankan amanah sehingga berpengaruh pada operasional organisasi. Dalam penyampaian laporan ini bukan berarti kami menyampaikan dalam bentuk sesempurna mungkin, karena kami sadari sepenuhnya kami hanyalah seorang manusia biasa dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang amat sangat jauh dari yang diharapkan, akan tetapi kami berusaha bersama-sama terus menumbuhkan semangat juang di diri kami masing-masing untuk selalu berbuat yang terbaik untuk ikatan dan persyarikatan, kami juga menyadari didalam laporan ini banyak kekuranganterjadi dan kami memohon maaf karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Sehubungan dengan itu, berdasarkan data dan keterbatasan yang ada pada kami laporan ini disistematik sebagai berikut :
A. PEDAHULUAN
B. GAMBARAN UMUM.
C. ARAH KEBIJAKKAN IPM PERIODE MUSYCAB
D. TARGET PROGRAM
E. KEBIJAKAN PROGRAM KERJA
F. REALISASI PROGRAM KERJA.

B. GAMBARAN UMUM.
Perumusan dan pengambilan kebijakan, aktivitas pelaksanaan program kerja serta dinamika organisasi dan kepemimpinan IRM periode ini banyak mengalami permasalahan, dimana permasalahan timbul dari dalam diri PC IRM Kotamatsum sendiri. Salah satunya adalah banyaknya pimpinan dan anggota yang tidak aktif dan tidak menempatkan posisinya ditempat yang semestinya, sehingga setiap program kerja banyak dibantu oleh orang-orang yang bukan dibidangnya. Dengan demikian berarti setiap bidang terkadang bisa bertanggung jawab atas bidangnya yang telah menjadi amanah baginya, namun dibalik itu semua PC IRM Kotamatsum sangat bersyukur memiliki anggota dan ranting-ranting yang siap membantu segala aktivitas program kerja Pimpinan Cabang Ikatan Remaja Muhammdiyah Kotamatsum sehingga banyak program kerja tersebut terlaksana dengan baik.
Kebijakan Musyawarah Cabang IPM Kotamatsum adalah bagian dari kerangka pola umum kebijakan IPM jangka panjang periode Musycab Ke V adalah kebijakan yang diarahkan pada penataan, pemantapan gerak organisasi serta penguatanjaringan guna membangun kemandirian / otonomisasi dalam pengembangan program-program aksi yang muatannya meliputi : memupuk kepekaan sosial, pengembangan intelektual , tanggap terhadap perkembangan sosial di daerah yang didasari pada nilai moral dan nilai ke-Islam-an
Berikut adalah kondisi IPM yang ada di Kotamatsum :
1. IPM sebagai organisasi yang berskala Nasional, memerlukan pengembangan fungsi managemen organisasi yang kuat serta dapat menata serta menjalankannya dengan baik dan terbuka sebagai tolak ukur keberhasilan perjalanan organisasi.
2. Gerakan reformasi dan otonomi daerah telah membawa perubahan yang cukup signifikan dalam perjalanan organisasi termasuk IPM Kotamatsum.
3. Keberadaan IPM yang cukup diterima dan dikenal oleh berbagai pihak dirasakan sangant berpengaruh bagi perjalanan dan pengembangan IPM kedepan. Oleh karena itu diperlukan upaya dan menambah kerja keras bersama untuk menjadikan IPM Kotamatsum mempunyai posisi tawar serta memperluas pergaulan sesama Organisasi yang ada.
4. Ekstensi IPM secara Internal dirasakan cukup mendapat dukungan dari muhammadiyah yang merupakan induk organisasi secara kelembagaan.

C. ARAH KEBIJAKKAN IPM PERIODE MUSYCAB
Kebijakan IPM periode musyawarah cabang ke V diarahkan pada penguatan dan pemantapan organisasi dengan cara memupuk kepekaan sosial dan penguatan jaringan organisasi menuju kemandirian.

D. TARGET PROGRAM
Adapun target sasaran program IPM periode musyawarah Cabang Ke V adalah :
1. meningkatkan kualitas pimpinan dan kader serta mengoptimalkan kerja pimpinan.
2. mengembangkan infrastruktur organisasi untuk menuju kemandirian dan otonomisasi dalam menjalakkan program organisasi.
3. mengembangkan kegiatan-kegiatan yang merupakan kebutuhan dan jawaban dari keinginan remaja dan pelajar yang akhirnya IPM bisa dijadikan wadah berhimpun dan berkreasi.
4. mengembangkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya bekerja sama untuk menguatkan jarngan dan pengembangan organisasi serta kewirausahaan.

E. KEBIJAKAN PROGRAM IPM
Program kerja Pimpinan Cabang Ikatan Remaja Muhammadiyah Kotamatsum periode Musyawarah Cabang IV diprioritaskan pada kemajuan, penggerakan kader dan kualitas gerakan yang mandiri serta keseriusan dalam melaksanakan program kerja kebijakan. Berdasarkan atas pokok-pokok pikiran dan pemaparan diatas, maka Musyawarah Cabang ke V menetapkan pengembangan program diseluruh bidang yaitu :
1. Bidang Kepemimpinan.
2. Bidang Manajemen Administrasi
3. Bidang Manajemen Keuangan.
4. Bidang Organisasi.
5. Bidang Kader Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (KPSDM)
6. Bidang Studi Dakwah Ke-Islam-an (SDI)
7. Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP)
8. Bidang Apresiasi Seni Kebudayaan Dan Olahraga (ASKO)
9. Bidang Hikmah Dan Advokasi (H&A)
10. Bidang Irmawati.

Bidang Kepemimpinan.
Setelah Ketua Formatur Musyawarah Cabang IV terpilih, selanjutnya personal Pimpinan Cabang Ikatan Remaja Muhammadiyah Kotamatsum periode 2008-2009 yang dihasilkan oleh tim formatur adalah sebagai berikut :

Ketua Umum :
Ketua Bidang Organisasi :
Ketua Bidang KPSDM :
Ketua Bidang SDI :
Ketua Bidang PIP :
Ketua Bidang ASKO :
Ketua Bidang H&A :
Ketua Bidang Irmawati :
Sekretaris Umum :
Sekr. Bidang Organisasi :
Sekr. Bidang KPSDM :
Sekr. Bidang SDI :
Sekr. Bidang PIP :
Sekr. Bidang ASKO :
Sekr. Bidang H&A :
Sekr. Bidang Irmawati :
Bendahara Umum :
Wakil Bendahara I :
Wakil Bendahara II :
Anggota-Anggota Bidang :
Bidang Organisasi :
Bidang KPSDM :
Bidang SDI :
Bidang PIP :
Bidang ASKO :
Bidang H&A :
Bidang Irmawati :

Selain itu ada beberapa anggota dan pimpinan yang tidak bisa aktif secara permanen dikarenakan sudah bekerja, pindah rumah, dan pendidikan yang tidak bisa ditinggalkan. Adapun rincian program kerja bidang kepemimpinan antara lain :
a. Evaluasi kinaerja rapat kepemimpinan dalam waktu 3 bulan sekali.
b. Rapat rutin seminggu sekali.
c. Mengaktifkan kembali PR IPM yang telah vacum.
d. Turba keseluruh Pimpinan Ranting IPM Se-Kotamatsum.
e. Menghadiri Musywil, Musyda, dan Konpicab.

Dengan demikian Kebijakan Program Kerja Bidang Kepemimpinan yang terangkum dalam rincian hasil Musyawarah Cabang IV Ikatan Remaja Muhammadiyah Kotamatsum, dan selajutnya untuk rincian dan kebijakan program kerja bidang-bidang yang lain akan tercantum dalam rincian konsep dasar pengembangan bidang-bidang dibahas secara komisi-komisi hasil sidang komisi Musyawarah Cabang IV beberapa waktu yang lalu.

F. REALISASI PROGRAM KERJA.
Bidang Kepemimpinan.
1. Evaluasi Kinerja.
Pimpinan Cabang Ikatan pelajar Muhammadiyah Kotamatsum pada periode ini memberikan sebuah tanggung jawab yang cukup berat dari masa periode sebelumnya dan saat periode ini berlangsung PC IPM Kotamatsum bidang kepemimpinan berusaha dapat mewujudkan cita dan keinginan para pimpinan yang sebelumnya. Sebagai fokus kinerja bidang ini PC IPM Kotamatsum sering mengadakan sidang dan pertemuan untuk membahas kinerja pimpinan harian.
Alhamdullilah sampai laporan ini dibuat pimpinan harian masih tetap solid dalam mengemban tugas masing-masing walaupun ada diantaranya sedikit pergeseran posisi, dimana coba untuk mengubah pola pimpinan yang telah dibentuk dari awal.
2. Mengadakan Rapat Rutin PC IPM Kotamatsum.
Syukur Alhamdulilah juga kami sampaikan kepada Allah SWT dimana program ini dapat terlaksana dengan baik yaitu menggelar rapat rutin untuk mempererat silaturahim dan mempermudah penyebaran dan perkembangan informasi kebijakan PC IPM Kotamatsum.
3. Pengaktifan Ranting IPM Se-Kotamatsum yang telah vacum.
Kondisi kurang aktifnya ranting-ranting di PC IPM Kotamatsum membuat bidang ini harus bekerja keras dalam upaya mengaktifkan kembali ranting-ranting yang vacum dimana banyak problematika remaja dan pelajar yang dihadapi. Disini juga kami meminta kerja sama bidang Hikmah dan Advokasi dalam penyadaran kritis terhadap remaja dan pelajar, dan insya Allah setiap kemauan disitu pasti ada jalan.

4. Melaksanakan Turba Ke Seluruh Ranting.
Dalam hal ini kami bekerja sama dengan bidang organisasi untuk melaksanakan program ini agar dapat mempererat silaturahim antara ranting dan cabang dengan turba ke setiap pimpinan ranting untuk memberikan informasi tentang setiap perkembangan dan kebijakan IPM tentunya.
5. Menghadiri Acara yang diadakan oleh Wilayah dan Daerah
Untuk kepentingan pembelajaran dalam kemampuan berorganisasi bidang ini coba untuk berkoordinasi dengan pimpinan di tingkat daerah dan wilayah dimana dengan cara menghadiri setiap acara-acara yang diadakan oleh PD IPM Kota Medan dan PW IPM Sumatera Utara.
Kendala dan Hambatan
Syukur Alhamdulilah walaupun dihadapi dengan begitu banyaknya hambatan dan rintangan yang ada ditubuh seluruh personil bidang kepemimpinan yang sangat terikat pada jenjang pendidikan dan waktu pekerjaan sehingga sangat sulit untuk memanagement waktu, sehingga kurangnya koordinasi antar pimpinan harian dan ini sangat menyulitkan pergerakan ikatan. Alhamdulilah IPM tetap dapat berjalan dengan bantuan dari semangat teman-teman untuk terus berjuang bersama-sama.
Penutup
Demikianlah Laporan ini kami sampaikan, kami semua sadar atas segala sesuatu yang kami sampaikan ini masih jauh dari apa yang diharapkan, untuk itu kami sangat mengharapkan saran serta masukan yang konstruktif demi kesuksesan amanah yang kami emban pada periode berikutnya. Semoga Allah SWT Meridhoi dan melindungi setiap langkah dan gerak kita selalu. Amiin.

Bidang Administrasi dan Kesekretariatan.
Realisasi Program Kerja
1. Mengadakan Pelatihan Administrasi.
2. Pengarsipan surat-surat masuk maupun keluarserta pemeliharaan inventaris, harta benda juga dokumen organisasi.
3. Mengenal komputer kepada pimpinan IPM khususnya Sekretaris Umum dan Sekretaris Bidang.
4. Membuat sosialisasi KTA kepada seluruh Pimpinan Cabang dan atau Pimpinan Ranting.
Kendala Dan Hambatan

Bidang Managemen Keuangan.
Syukur Alhamdulilah atas segala nikmat dan karunia oleh Allah SWT, sebagai Maha Penguasa, dan maha Pengasih kepada Umat-Nya. Shalawat dan salam tercurah limpah kepada nabi Muhammad SAW yang dengan perjuangan dakwahnya menghantar kita pada pencerahan hidup seperti yang kita rasakan saat ini. Semoga pula kita adalah orang yang mendapat safa’at-Nya diakhir kelak. Amiin.
Demi kelangsungan gerak organisasi bidang Manajemen Keuangan memiliki tanggungjawab materi yang terasa tidak asing lagi bagi kalangan banyak, dikarenakan bidang ini adalah bidang yang bertugas dalam hal menggalang pendanaan untuk keperluan pergerakkan organisasi dan mengelola arus alir pemasukan dan pengeluaran di PC IPM Kotamatsum. Jadi dalam upaya kerjanya bidang ini menyusun beberapa program yang diantaranya sudah terealisasi.
Realisasi Program Kerja.
1. Mencari pemasukan tambahan bagi uang kas dengan mencari donatur dan membuat amal usaha.
2. Mensosialisasikan pengutipan uang iuran anggota pada setiap pimpinan dan anggota IPM Kotamatsum.
Penutup
Demikianlah Laporan ini kami sampaikan, kami semua sadar atas segala sesuatu yang kami sampaikan ini masih banyak kekurangan dari apa yang diharapkan, untuk itu kami sangat berharap ada sesuatu saran serta masukan yang sangat membangun demi kesuksesan amanah ikatan yang kami emban selanjutnya. Semoga Allah SWT Meridhoi dan melindungi setiap langkah dan gerak kita selalu. Amiin.

Bidang Organisasi
Realisasi Program Kerja
1. Membuat Koordinator pada setiap ranting.
2. Mengadakan Turba ke Pimpinan Ranting IPM Se-Kotamatsum.
3. Mengadakan Seminar Kepemimpinan.
4. Mengadakan Up-Greading Kepemimpinan


Bidang Kaderisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (KPSDM)

Bidang Studi Dakwah Islamiah (SDI)
Realisasi Program Kerja
1. Mengadakan pengajian seminggu sekali.
2. Itikaf di bulan puasa Ramadhan dan Buka puasa bersama dibulan puasa Ramadhan.
3. Mengikuti Dialog yang diadakan oleh Ayahanda Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kotamatsum.
4. Mengaktifkan DJGJ.

Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP)
Realisasi Program Kerja.
1. Pembuatan dan sosialisasi Alamat E-mail, situs pertemanan Friendster,Facebook dan Blog resmi PC IPM Kotamatsum.
2. Belajar bersama untuk menghadapi UAN dan UAS.
3. Mengaktifkan Mading sebagai sumber informasi yang bermanfaat.
4. Mengenalkan Mediasi penggunaan komputer kepada seluruh Pimpinan dan anggota PC IPM Kotamatsum.

Bidang Apresiasi Seni Kebudayaan dan Olahraga (ASKO)
Realisasi Program Kerja
1. Mengikuti Latihan Futsal yang bekerjasama dengan Pemuda Muhammadiyah Cabang Kotamatsum..
2. Meningkatkan kualitas Club Olahraga yang telah aktif.
3. Mengaktifkan kembali Mading dan bekerja sama dengan bidang PIP

Bidang Hikmah dan Advokasi (H&A)
1. Pendahuluan
Alhamdullilah tidak henti-hentinya kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang selalu menjaga kita dalam segala aktivitas yang kita jalankan, Shalawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena beliau adalah tauladan dari segala aspek kehidupan.
Arah kebijakan IRM Periode ke IV coba menempatkan Advokasi sebagai salah satu prinsip gerakan IRM. Sebuah pengertian yang dapat diambil dari prinsip gerakan tersebut adalah kader IRM dituntut untuk peka terhadap suatu permasalahan sosial baik remaja maupun umum. Dan kepekaan yang dituntut tidak hanya terbatas pada sebuah wacana maupun konsep tetapi lebih diharapkan pada gerakan masif yang terimplikasi dengan bentuk partisipasi aktif kepada permasalahan sosial khusus nya permasalahan yang sering dirasakan oleh kalangan remaja dan pelajar.
Maka sungguh beban berat terpikul pada pundak bidang H&A untuk merealisasikan dan mencoba untuk ikut dalam suatu permasalahan yang sering dihadapi oleh individu sosial yang ada. Dengan Lokus program tidak hanya terbatas pada kader dan anggota IRM, tetapi juga khalayak umum.

2. Realisasi Program Kerja.
a. Melakukan pendekatan khusus kepada seluruh anggota pimpinan PC IRM Komat dan mencoba membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi sebisa mungkin dengan memotivasi masalahnya
b. Bekerjasama dengan Ibunda PC Aisyiah Kotamatsum dalam menggelar Seminar tentang Pencegahan HIV AIDS dan Bahaya Narkoba.
c. Mengikuti Seminar Pelatihan Pencegahan Bahaya Narkoba dan AIDS oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) yang bekerja sama dengan Gerakan Anti Narkoba (Granat) Kota Medan selama 2 hari sebagai peserta.
d. Mengikuti dan berpartisipasi dalam aksi damai yang dilakukan PW IRM Sumut.dalam aksi Hardiknas Tentang Penolakan UAN
e. Mengikuti dan berpartisipasi dalam aksi damai yang dilakukan PW IRM Sumut.dalam aksi Berkabung Sumatera Utara Atas Wafatnya Bapak Ketua DPRD Sumut.
f. Ikut ta’ziah kerumah pimpinan, anggota dan kader Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kotamatsum
g. Ikut menyukseskan Pemilihan Umum 2009.
h. Mengisi Materi Pencegahan Bahaya Narkoba dan HIV AIDS pada acara Pelatihan Kader taruna Melati I PC IRM Komat dengan Pemateri Kakanda Irmawan Ronny.
i. Menetralisir permasalahan kader IRM Komat.

3. Kendala dan Hambatan
Tidak aktifnya seluruh anggota bidang H&A sangat melemahkan pergerakan bidang ini, sehingga menjadikan bidang ini cacat administrasi. Kurangnya pengetahuan dan refrensi dalam bidang ini menjadikan kami buta terhadap program yang telah kami susun. Terutama dengan ketidak aktifan Ketua bidangnya sendiri dikarenakan selalu sibuk dengan pekerjaannya diluar organisasi.

4. Penutup
Demikian laporan ini kami sampaikan, dengan melafadzkan Hamdalah kita selesaikan bidang ini untuk periode ini dan semoga selanjutnya menjadi lebih baik di periode kedepannya serta menjadi bahan renungan kita semua. Amiin.

Bidang Irmawati
Realisasi Program Kerja
Dari bidang ini kami belum mengetahui secara terperinci bagaimana bidang ini berjalan, tetapi kami coba sedikit memahami apa-apa saja yang dibutuhkan bidang ini untuk membantu pergerakan organisasi, maka dengan itu sedikit kerja bidang irmawati yang telah kami susun yang terlaksanakan. Kami sadar atas kekurangan kinerja kami kepada teman-teman sekalian kami minta ma’af yang sebesar-besarnya, dan kepada Allah SWT kami mohon ampun. Adapun program yang telah terealisasi adalah sebagai berikut :
a. Mensosialisasikan dan membantu Pimpinan Ranting dalam mengadakan pengajian khusus irmawati.
b. Mengadakan seminar ke-Irmawatian

Daftar Inventaris
PC. Ikatan Pelajar Muhammadiyah
Kotamatsum
No. Nama Akun Jumlah Keterangan
1 Dispenser 1 Buah Baik
2 Stempel 4 Buah Baik
3 Bantalan Stempel 1 Buah Baik
4 Piring 5 Lusin Baik
5 Cangkir 5 Lusin Baik
6 Meja Tulis 1 Buah Baik
7 Lemari Buku 2 Buah Baik

G. PENUTUP
Segala puji hanya milik Allah SWT dan sebagai hamba, sudah selayaknya kita berucap syukur kepada-Nya seraya memohon ridho dan hidayah-Nya kepada kita semua seningga kita mampu memiliki semangat juang dalam menjalankan amanah ikatan. Kami menyadari sepenuhnya bahwa amanah yang diberikan dan kami emban bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi dengan banyaknya hambatan dan tantangan dimana kami harus berusaha dengan arif dan bijak untuk kemajuan IPM itu sendiri.
Demikianlah laporan ini kami sampaikan, segala kritik dan saran yang sifatnya membangun kami terima karena kami sadar bahwa kami hanya manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan yang dilakukan.
Akhirnya hanya pada Allah SWT kami serahkan segalanya sembari memohon ampunan atas segala yang telah kami lakukan selama memegang amanah IPM periode 2009-2011, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja atau juga karena kesombongan kami yang telah disilaukan oleh sebuah jabatan yang sebenarnya adalah titipan dan juga cobaan dari Allah SWT.
Semoga kedepan kitayang masih mencintai ikatan ini bersama-sama merapatkan barisan dalam menjalankan organisasi kearah yang lebih baik lagi sehingga kita dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan yang telah kita ikrarkan bersama.
Nuun Walqalami Wamaa Yashturun
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Post a Comment